24 April 2010

Asap rokok, kabuurrrr ....

Salah satu jenis asap yang paling tidak aku sukai, yaitu asap rokok. Kalau aku ada di dekat orang yang merokok, beee ...
Susah bener buat nafas, asapnya itu kagak nahan coii.

Karena ketidaksukaanku dengan asap rokok ini, aku jadi inget pengaruhnya bagi tubuh kita. Rupanya banyak banget pengaruh negative yang di timbulkan oleh asap rokok ini. Bagi teman-teman yang belum tahu, atau belum sempat baca, atau bagi yang udah tahu, cuma buat ngingetin aja kalau gitu, hhee ...


Pengaruhnya yaitu : 
1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar yang bersifat karsinogenik, nikotin yang bersifat adiktif, karbon monoksida, dsb.

2. Pada awalnya rokok mengandung 8 – 20 mg nikotin dan setelah di bakar nikotin yang masuk ke dalam sirkulasi darah hanya 25 persen. Walau demikian jumlah kecil tersebut memiliki waktu hanya 15 detik untuk sampai ke otak manusia.

3. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

Itu beberapa pengaruh asap rokok, pengaruh yang paling terasa yaitu dapat menyebabkan kanker, jadi jangan ragu-ragu buat menutup hidung kita dengan sesuatu seperti saputangan atau handuk kecil untuk meminimalisir  asap rokok yang masuk ke aliran darah kita (serem bener kata-katanya) beserta efek berbahaya nya tadi. Ohya, jangan ragu-ragu juga untuk pergi menjauh dari TKP, karena ini menyangkut kesehatan Anda di masa depan, hhaa ...

Kamu bisa lihat yang lebih lengkap lagi di organisasi.org dan di bebasrokok.wordpress.com

Oppsss, Jangan lupa komentarnya kamu ya, atau ada saran buat yang tiap hari menghirup asap berbahaya ini, koment pliss, hhee ... (berbagi itu baik)

3 komentar:

  1. Waaw ternyata baru tahu aku hehheee

    "DANGER" WASPADALAH WASPADALAH

    srng bgd ku lagi duduk asik eh baunya kagak nahan bgd si perokok uh mau batik ku tahna tapi resikonya besar BGD "BAHAYA"

    BalasHapus
  2. ane belum bisa berhenti ngerokok gan

    BalasHapus
  3. kalo ane berhenti ngerokok, pendapatan negara dr cukai juga berkurang dong..

    BalasHapus