27 Desember 2009

Profil Kota Palembang

Palembang adalah ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Sumatera Selatan yang dikelilingi oleh 4 provinsi, yaitu : Lampung, Bengkulu, Jambi dan Belitung, merupakan Provinsi terkaya ke-5 di Indonesia. Dengan luas wilayah 400,61 Km2, secara administratif Kota Palembang terbagi dalam 16 kecamatan dan 107 kelurahan, dengan jumlah penduduk mencapai ± 1.500.000 Jiwa. Pertumbuhan ekonomi saat ini mencapai 6,7 % dengan migas, 8 dan 24% tanpa migas. Stuktur perekonomian di Palembang didominasi oleh sektor industri, perdagangan dan jasa.



Otonomi Daerah membawa implikasi yang luas dalam sistem kepemerintahan, yaitu berubahnya sistem sentralisasi menjadi sistem desentralisasi. Otonomi daerah memberikan peluang sekaligus tantangan bagi setiap daerah untuk dapat melaksanakan pembangunannya atas prakarsa sendiri dengan prinsip otonomi yang luas, nyata dan bertanggung jawab dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Salah satu hal yang terpenting sebagai akibat pelaksanaan otonomi daerah ini adalah adanya kemandirian daerah dalam melaksanakan pembangunan di daerah. Untuk mendukung kemandirian daerah ini ditempuh antara lain melalui peningkatan penerimaan daerah, baik Penerimaan Asli Daerah (PAD), dana perimbangan, maupun sumber-sumber lainnya. Selain itu setiap daerah juga berlomba-lomba untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonominya melalui pembangunan di bidang ekonomi.


Untuk merangsang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan dapat meningkatkan pendapatan per kapita, dibutuhkan sejumlah investasi yang cukup, sehingga setiap daerah dituntut untuk meningkatkan daya tarik investasinya. Sebagai tindak lanjut dari upaya peningkatan investasi ini, maka diperlukan suatu informasi yang akurat, lengkap dan up to date mengenai potensi dan peluang yang ada.


Udah tahu kan profil kota kita tercinta yaitu kota pelambang. Yang di luar Palembang, silahkan berkunjung, jangan lupa cicipin pempeknya, hho . . .

Semoga bermanfaat ya.


Sumber : palembang.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar